Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pahami Dengan Baik ! Cara Penyusunan RPP Yang Benar, Contohnya

Pahami Dengan Baik ! Cara Penyusunan RPP Yang Benar, Contohnya







Halo semua bertemu lagi dengan saya admin Edukasi Milenial kembali saya akan berbagi Pahami Dengan Baik ! Cara Penyusunan RPP Yang Benar, Contohnya

Edujawir _ RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan rencana pembelajaran yang disusun secara rinci dan sistematis dari suatu materi tertentu serta mengacu pada silabus. RPP dijadikan pegangan bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran untuk setiap KD (Kompetensi Dasar).

Ada 3 komponen inti dalam RPP, yaitu tujuan pembelajaran, langkah-langkah pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Komponen-komponen tersebut perlu diperhatikan dengan seksama dan harus ada dalam setiap penyusunan RPP.

Pada dasarnya tata cara penyusunan RPP sudah di atur dalam Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Simak baik-baik, berikut cara penyusunan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran):Guru dapat menyusun setiap Kompetensi Dasar (KD) terlebih dahulu untuk satu kali pertemuan atau lebih.

Guru dapat menuliskan penjabaran RPP dengan singkat, padat dan jelas mulai dari tahap awal, inti sampai penutup. Tujuannya agar RPP dapat dibaca oleh siapa saja yang akan mengajar dan sesuai dengan tahapannya.

Guru dapat menggambarkan prosedur dengan tepat. Didalamnya memuat struktur pembelajaran untuk pencapaian Kompetensi Dasar (KD) seperti apa yang telah ditetapkan dalam standar isi dan dijabarkan dalam silabus.Guru dapat menyusun indikator pembelajaran yang memuat tiga aspek penting, seperti kognitif, afektif, dan psikomotorik.

Guru dapat menyusun RPP dengan memuat peserta didik (audience), tingkah laku belajar (behaviour), kondisi belajar (condition) dan tingkat keberhasilan (degree).
Guru dapat menguraikan kegiatan-kegiatan pembelajaran secara terstruktur agar kelas menjadi terkondisikan.

Menyimak cara penyusunan RPP di atas, hal yang sangat penting untuk diperhatikan sebenarnya bukan hanya tentang penulisannya, melainkan bagaimana proses refleksi guru terhadap pembelajaran yang akan dilakukan.




Berikut contoh penyususnan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dengan materi Stratifikasi Sosial untuk kelas XI semester genap.

A KEGIATAN AWAL (3 MENIT)

Orientasi

· Guru memberi salam kepada peserta didik, menyapa, menanyakan kabar, dan berdoa.

· Guru mengecek kehadiran peserta didik.

· Guru dan peserta didik mempersiapkan media pembelajaran.

Apersepsi

· Guru mengajukan pertanyaan kepada peserta didik tentang materi yang sudah dipelajari.

· Guru memberikan pemahaman awal tentang materi yang akan dipelajari.

Motivasi

Guru memberikan motivasi kepada peserta didik tentang manfaat mempelajari stratifikasi sosial dalam kehidupan sehari-hari.

Pemberian Acuan

· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

· Guru menyampaikan mekanisme proses pembelajaran yang akan dilakukan.

B KEGIATAN INTI (14 MENIT)

Sintaks: Discovery Learning/Cooperative Learning

Tahap 1:

Stimulation

Critical Thinking

Guru terlebih dahulu menjelaskan materi kepada peserta didik tentang dasar-dasar stratifikasi sosial dan sifat-sifat stratifikasi sosial melalui power point.


Tahap 2:

Problem Statement

Critical Thinking

Guru meminta peserta didik untuk mengamati dan menganalisis cuplikan film “Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck” untuk dikaitkan dengan materi stratifikasi sosial.

Tahap 3:

Data Collection Critical Thinking and Communication

Melalui diskusi dan tanya jawab bersama, peserta didik diminta memberikan pendapat tentang cuplikan film dengan data penguat dari sumber bacaan tertentu.

Tahap 4:

Data Processing Critical Thinking, Creative Thinking, Communication and Collaboration

· Guru menyiapkan media ular tangga di depan kelas.

· Guru bersama peserta didik mengolah dan menyajikan materi serta hasil diskusi melalui permainan ular tangga secara berkelompok.

· Guru meminta peserta didik berdiri dan berbaris sesuai kelompoknya masing-masing.

· Setiap peserta didik dalam kelompok diminta bermain bersama secara bergiliran.


Tahap 5:

Verification

Critical Thinking and Collaboration

· Guru mengecek dan membahas hasil permainan ular tangga yang sudah dilakukan.

· Kelompok yang paling cepat mencapai finish dapat menjadi pemenang dalam permainan.

· Guru memberikan reward kepada pemenang.


Tahap 6:

Generalization

Critical Thinking and Collaboration

Bersama guru, peserta didik menyimpulkan materi yang sudah dipelajari.

C KEGIATAN PENUTUP (3 MENIT)

Refleksi

Guru bersama peserta didik merefleksikan kesan dan pemahaman materi yang sudah dipelajari.

Pemberian Tugas

· Guru memberi tugas untuk memperdalam materi yang sudah dipelajari.

· Guru memberikan tugas individu untuk menganalisis fenomena stratifikasi sosial di lingkungan masing-masing.

· Guru memberi tugas kelompok untuk menganalisis salah satu film dan dikaitkan dengan materi stratifikasi sosial. Hasil tugas dikerjakan sesuai format dan dikumpulkan melalui google drive yang sudah disediakan guru.

· Guru memberi tugas kepada peserta didik untuk mempelajari materi selanjutnya tentang perubahan sosial.

Penutup

Guru bersama peserta didik berdoa bersama dilanjutkan salam penutup.



Sekian info HPahami Dengan Baik ! Cara Penyusunan RPP Yang Benar, Contohnya  yang dapat Admin Bagikan

Jangan Lupa Share Keteman teman Kalian apabila kalian merasa artikel ini sangat bermanfaat untuk kalian.

selalu kunjungi Edukasi Milenial Untuk Materi Yang Lainnya

Post a Comment for "Pahami Dengan Baik ! Cara Penyusunan RPP Yang Benar, Contohnya"

Ayo Kenali Tipe Model Pendidikan Buat Siswa
Heboh Sosok Misterius Saat Upacara 17 Agustus | Penampilan Seperti Tentara Dulu
Ini Manfaat Kelas Interaktif Untuk Pembelajaran Di Kelas