Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Wow Lengkap Modul bilangan Bulat Matematika SD/SMP

tujuan pembelajaran ini adalah 
  1.  Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah
  2. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah
  3. Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat Penjumlahan 
  4.  Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan

💘💘💘💘💘💘💘💘💘💘💘💘💘💘💘💙
Operasi hitung perkalian dan pembagian berasal dari penjumlahan dan pengurangan yang berulang, maka mempunyai tingkatan yang lebih tinggi. Sehingga operasi hitung perkalian dan pembagian harus didahulukan daripada penjumlahan dan pengurangan. Dalam pengerjaan hitung campuran, kamu harus mengikuti aturan berikut.

a. Perkalian atau pembagian dikerjakan lebih dahulu. Selanjutnya, mengerjakan

penjumlahan atau pengurangan.

a. 187 + 39 : 3 = 187 + (39 : 3)

= 187 + 13

= 200

b. 196 – 5 × 25 = 196 – (5 × 25)

= 196 – 125

= 71

b. Jika dalam soal tersebut ada tanda kurung, soal yang ada di dalam tanda kurung harus dikerjakan terlebih dahulu.

a. 48.780 – 45 × (16.864 : 31) = 48.780 – 45 × 544

= 48.780 – 24.480

= 24.300

Latihan

1. 34 × 17 + 635 = . . .

2. 1243 + 61 × 48 = . . .

3. 6.844 : 4 – 1235 = . . .

4. 7.836 – 1.364 : 22 = . . .

5. 5.732 + 1.944 : 54 = . . .

6. 360 : (18 + 12) = . . .

7. (450 + 175) : 25 = . . .

8. 25 × 12 – 50 + 500 : 2 = . . .

9. 906 – 750 : 125 × 5 + 500 = . . .

10. 100 : (75 – 25) × 250 + 50 = . . .

11. 644 : (2 × 14) + (120 – 58)= . . .

12. 512 × (120 – 55) + 20 = …

13. 41.294 + 3.410 × 18 = …

14. 24.732 : 18 – 14.989 = …

15. 7.340 – 1.792 : 32 × 26.076 = …

16. 9.444 : 12 × 902 – 101.000 = …

17. 756.001 – 97 × 136 + 96.076 = …

18. 117.924 × (14.266 + 5.077) – 1.530 = …

19. 12 × 55 : 20 + 330 – 154= . . . .

20. 120 : 8 × 14 – 120 + 98= . . . .

21. 2.175 – 125 : 5 × 42 + 525= . . . .

22. 23 × 15 – (95 + 25) : 15= . . . .




2. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah

Contoh:

Sepuluh orang pemuda membeli buku. Enam orang di antaranya masing-masing membeli 12.225 buku. Sisanya masing-masing membeli 13.000 buku. Semua buku itu dibagikan kepada 2507 orang anak yatim piatu. Setiap anak menerima buku sama banyak. Berapa buku yang diterima setiap anak?

Jawab:

Kalimat bilangannya:

6 orang pemuda membeli (6 × 12.225) buku.

4 orang pemuda membeli (4 × 13.000) buku.

Buku yang terkumpul sebanyak (6 × 12.225 + 4 × 13.000).

Buku ini dibagikan kepada 2507 orang anak secara merata.

Setiap anak menerima (6 × 12.225 + 4 × 13.000) : 2507 buku.

Jadi, kalimat bilangannya (6 × 12.225 + 4 × 13.000) : 2507 = n

Operasi yang, digunakan adalah operasi penjumlahan,perkalian dan pembagian.

12.2256 x 73.350

13.0004 x 52.000

Maka (6 × 12.225 + 4 × 13.000) : 2507 = (73.350 + 52.000) : 2507

= 125.350 : 2507

= 50 Jadi, setiap anak menerima 50 buku.

Latihan

  1. Pak Hasim membeli 95 buah durian. Setiap durian harganya Rp1.450,00. Jika ia membawa uang Rp200.000,00, berapa sisanya?
  2. Pak Santoso mempunyai ayam betina 4.356 ekor. Seekor ayam dalam satu bulan bertelur 20 butir.Berapa butir telur diperoleh pak Santoso dalam waktu satu hari? (1 bulan = 30 hari)
  3. Seratus sepuluh ikat rambutan dibeli untuk suatu pesta. Setiap ikat berisi 622 buah rambutan. Jika Setiap 55 buah rambutan ditempatkan dalam satu piring, berapa piring diperlukan untuk menghidangkan rambutan itu?
  4. Pak Busro pergi ke toko bahan bangunan untuk membeli 48 sak semen dengan harga Rp55.000,00 tiap sak, dan 1.555 biji batu bata dengan harga Rp250,00 tiap biji. la membawa uang Rp5.000.000,00. Berapa sisa uangnya?

5. Pak Hasan memetik mangga dari kebunnya. Mangga-mangga itu dimasukkan dalam 55 keranjang.

Setiap keranjang berisi 28 buah mangga. Kemarin busuk 16 keranjang. Sisanya dijual dengan

harga Rp450,00 setiap mangga. Berapa rupiah uang yang diterima pak Hasan?

6. Sebanyak 51 truk digunakan untuk mengangkut buku-buku pelajaran ke beberapa sekolah. Setiap

truk memuat 2.268 buku. Buku-buku itu dibagikan sama banyak kepada 21 sekolah. Berapa buku

diterima oleh tiap sekolah?

7. Sebanyak 504 anak ayam dimasukkan ke dalam 14 kandang. Setiap kandang berisi anak ayam

sama banyak. Jika seekor anak ayam harganya Rp5.250,00 rupiah. Berapa harga semua ayam

dalam 3 kandang?

8. Jalan yang menghubungkan desa Purwomartani, Selomartani, Tamanmartani, dan Tirtomartani

akan diperbaiki dengan biaya Rp495.000,00. Desa Purwomartani menanggung biaya perbaikan

Rp150.000,00. Desa Selomartani, Tamanmartani, dan Tirtomartani menanggung biaya sama

banyak. Berapa rupiah biaya yang ditanggung desa Selomartani?

9. Dina mempunyai 27 bungkus sedotan. Tiap bungkus berisi 25 batang sedotan. Sebanyak 430

batang sedotan Dina sudah dirangkai menjadi beberapa buah lampion. Berapa batang sisa

sedotan Dina?

10.Bayu mempunyai koleksi buku komik sebanyak 24 seri. Sebanyak 9 seri terdiri dari 9 judul buku

komik dan 15 seri terdiri dari 12 judul buku komik. Bayu sudah membaca buku komik tersebut

sebanyak 211 buku. Berapa sisa buku komik yang belum dibaca Bayu?

11.Hari ini Paman memanen 192 buah mangga dan 7 keranjang buah apel. Mangga-mangga tersebut

dimasukkan ke dalam beberapa keranjang. Tiap keranjang berisi 24 buah mangga. Berapa banyak

semua keranjang mangga dan apel Paman?

12.Ibu membeli 7 kg tepung terigu dan 5 kg gula. Harga 1 kg tepung Rp.9.500,00 dan harga 1 kg gula

pasir Rp.7.000,00. Jika Ibu membayar Rp.150.000,00, berapa sisa uang kembalian yang Ibu

terima? 10.Anita mempunyai pita merah sepanjang 240 cm, pita kuning sepanjang 320 cm

13. Anto menabung di celengan Rp1.000,00 setiap hari. Setelah 2 tahun, tabungan Anto diambil

semuanya. Uang itu dibelikan meja dan kursi belajar seharga Rp425.000,00. Berapakah sisa

uang Anto sekarang? (1 tahun = 365 hari)

14. Pak Wasis memiliki 212 pohon rambutan yang masing-masing menghasilkan 3.114 buah

rambutan. Jika Pak Wasis hanya memetik 271.096 buah rambutan, berapakah sisanya?

15. Setiap hari pada bulan April 2008, Susanti dan Mira selalu menabung Rp500,00. Pada bulan Mei

2008, hanya Susanti yang menabung Rp800,00 setiap hari, sedangkan Mira tetap Rp500,00.

Berapa jumlah uang mereka pada akhir bulan Mei 2008? (Bulan April ada 30 hari dan Mei ada 31

hari)

16. Dalam sebuah kantong terdapat 1.425 kelereng. Harga semua kelereng Rp213.750,00. Berapa

rupiah setiap kelereng harus dijual jika orang tersebut menginginkan untung Rp71.250,00?

17. Pak Edi membeli 16 keranjang salak yang harganya Rp175,00 per buah. Setiap keranjang isinya

417 buah salak. Berapa rupiah pak Edi harus membayar? Jika pak Edi menjual habis semua

salak yang dibelinya seharga Rp1.000.000,00, berapa rupiah untungnya?




3. Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat Penjumlahan Untuk memudahkan mencari hasil penjumlahan bilangan bulat, kamu dapat mengumpamakan bilangan negatif (-) sebagai hutang :

-5 + 4 = -1 Hutang 5 dibayar 4 = kurang 1

-5 + (- 4) = -9 Hutang 5 ditambah hutang 4 = hutang 9

5 + (- 4) = 1 Hutang 4 dibayar 5 = lebih 1

Pengurangan

Untuk pengurangan bilangan bulat, dengan mencari lawan bilangan bulat tersebut.

Contoh:

lawan 3 adalah –3; lawan 5 adalah –5; lawan –7 adalah 7; lawan –15 adalah 15

contoh soal :

9 – 12

= 9 + (–12)

= –3

–4 – (–10)

= –4 + 10

= 6

–8 – 5

= –8 + (–5)

= –13

Perkalian dan Pembagian

(+) X (+) = (+)

(+) X (--) = (--)

(--) X (+) = (--)

(--) X (--) = (+)

contoh

5 X 5 = 25

5 X ( -5 ) = (-25)

( -5 ) X 5 = (-25)

( -5 ) X ( -5 ) = 25

(+) : (+) = (+)

(+) : (--) = (--)

(--) : (+) = (--)

(--) : (--) = (+)




contoh

24 : 8 = 3

24 : (- 8) = (- 3)

(-24) : 8 = (- 3)

(-24) : (- 8) = 3




Campuran

1. Penjumlahan dan pengurangan adalah setara, maka pengerjaan mulai dari kiri.

2. Perkalian dan pembagian adalah setara, maka pengerjaan mulai dari kiri.

3. Perkalian dan pembagian lebih tinggi tingkatannya daripada penjumlahan dan

pengurangan. Maka perkalian atau pembagian lebih dulu dikerjakan.

Contoh :

250 : (176 – 151) + 9 x 18

= 250 : 25 + 9 x 18

= 10 + 9 x 18

= 10 + 162

= 172




20 : (10 – 5) × 3

= 20 : 5 × 3

= 4 × 3

= 12




120 – 150 + 200

= –30 + 200

= 170

125 : (–5) x 21

= (–25) x 21

= –525




latihan soal 1

1. 9 + 12 : (–3) = ….

2. 20 : (–5) – 10 = ….

3. 3 × (–4) – (–8) = ….

4. –6 + (–3) × (–4) = ….

5. 5 × (–8) – (–10) = ….

6. –20 : 4 + (–12) = ….

7. 6 × (–4) + (–12) = ….

8. –8 : (–2) – (–16)= ….

9. –4 × (–9) : (–6) = ….

10. 7 x (–5) – (–20) = ….

11. –49 : (–7) + (–10) = ….

12. –5 – (–4) × (–6) = ….

13. –8 + (–5) × 2 = ….

14. 69 (–12) : (–4) = ….

15. –10 + 24 : (–6) = ….

16. –120 + (–196) : (–14) + 150 = ….

17. –12 + (–8) × 14 : (–140) = ….

18. 100 – 16 × (–20) : (–32) + (–250) = ….

19. (–250 – 100) : 70 × (–15) + (–160) = ….

20. 750 + (–45) × 10 : (–15) + 56 = ….




latihan soal 2

1. (4.403 + 490.705) : 17 – 27.854

2. 367.234 – 77 × 15 + 17.594 : (–38)

3. –2.478 : 59 – (38.790 + 9.160) : 50

4. (8.705 + 7.225) : (–45) – (825 + 329)

5. (497.000 – 24.980) : 15 – (22 × (–242))

6. 25 × 528 : 165 + 120 – 50

7. –345 : 69 × 450 + 2.025

8. 4.310 – 635 : 127 × 2.000

9. 329 + 25 × (–13) – 24

10. 6.420 : 535 – 28 × 49


Latihan 3
https://edujawir.blogspot.com/2022/10/wow-lengkap-modul-bilangan-bulat.html
latihan 3



4. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan





https://edujawir.blogspot.com/2022/10/wow-lengkap-modul-bilangan-bulat.html
contoh soal pemjumlahan dan pengurangan pecahan






https://edujawir.blogspot.com/2022/10/wow-lengkap-modul-bilangan-bulat.html
pemjumlahan dan pengurangan pecahan campuran


latihan soal 

https://edujawir.blogspot.com/2022/10/wow-lengkap-modul-bilangan-bulat.html
soal pemjumlahan dan pengurangan pecahan campuran



5 .Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan Perkalian







https://edujawir.blogspot.com/2022/10/wow-lengkap-modul-bilangan-bulat.html
perkalian dan pembagian pecahan

https://edujawir.blogspot.com/2022/10/wow-lengkap-modul-bilangan-bulat.html
contoh dan soal pecahan 


https://edujawir.blogspot.com/2022/10/wow-lengkap-modul-bilangan-bulat.html
pecahan campuran



Bapak ibu Sikamma minne kurapi kupaba’tu rikalengta ngaseng dasi nadasi bareng nisareki umuru malabbu buku magassing nani passibuntuluki pole riwaktu laba’tua

Na Punna nia kana kanangku majule katte mamo pakajannangi napunna nia kana kanangku sala katte mamo anpakanabai.
↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚



Wabillahi taufik walhidayah

Wassalamu alaikum wr. wb

Post a Comment for " Wow Lengkap Modul bilangan Bulat Matematika SD/SMP "

Ayo Kenali Tipe Model Pendidikan Buat Siswa
Heboh Sosok Misterius Saat Upacara 17 Agustus | Penampilan Seperti Tentara Dulu
Ini Manfaat Kelas Interaktif Untuk Pembelajaran Di Kelas