Wow Lengkap Modul bilangan Bulat Matematika SD/SMP
tujuan pembelajaran ini adalah
- Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan cacah
- Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah
- Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat Penjumlahan
- Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan
Operasi hitung perkalian dan pembagian berasal dari penjumlahan dan pengurangan yang berulang, maka mempunyai tingkatan yang lebih tinggi. Sehingga operasi hitung perkalian dan pembagian harus didahulukan daripada penjumlahan dan pengurangan. Dalam pengerjaan hitung campuran, kamu harus mengikuti aturan berikut.
a. Perkalian atau pembagian dikerjakan lebih dahulu. Selanjutnya, mengerjakan
penjumlahan atau pengurangan.
a. 187 + 39 : 3 = 187 + (39 : 3)
= 187 + 13
= 200
b. 196 – 5 × 25 = 196 – (5 × 25)
= 196 – 125
= 71
b. Jika dalam soal tersebut ada tanda kurung, soal yang ada di dalam tanda kurung harus dikerjakan terlebih dahulu.
a. 48.780 – 45 × (16.864 : 31) = 48.780 – 45 × 544
= 48.780 – 24.480
= 24.300
Latihan
1. 34 × 17 + 635 = . . .
2. 1243 + 61 × 48 = . . .
3. 6.844 : 4 – 1235 = . . .
4. 7.836 – 1.364 : 22 = . . .
5. 5.732 + 1.944 : 54 = . . .
6. 360 : (18 + 12) = . . .
7. (450 + 175) : 25 = . . .
8. 25 × 12 – 50 + 500 : 2 = . . .
9. 906 – 750 : 125 × 5 + 500 = . . .
10. 100 : (75 – 25) × 250 + 50 = . . .
11. 644 : (2 × 14) + (120 – 58)= . . .
12. 512 × (120 – 55) + 20 = …
13. 41.294 + 3.410 × 18 = …
14. 24.732 : 18 – 14.989 = …
15. 7.340 – 1.792 : 32 × 26.076 = …
16. 9.444 : 12 × 902 – 101.000 = …
17. 756.001 – 97 × 136 + 96.076 = …
18. 117.924 × (14.266 + 5.077) – 1.530 = …
19. 12 × 55 : 20 + 330 – 154= . . . .
20. 120 : 8 × 14 – 120 + 98= . . . .
21. 2.175 – 125 : 5 × 42 + 525= . . . .
22. 23 × 15 – (95 + 25) : 15= . . . .
2. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan operasi hitung campuran bilangan cacah
Contoh:
Sepuluh orang pemuda membeli buku. Enam orang di antaranya masing-masing membeli 12.225 buku. Sisanya masing-masing membeli 13.000 buku. Semua buku itu dibagikan kepada 2507 orang anak yatim piatu. Setiap anak menerima buku sama banyak. Berapa buku yang diterima setiap anak?
Jawab:
Kalimat bilangannya:
6 orang pemuda membeli (6 × 12.225) buku.
4 orang pemuda membeli (4 × 13.000) buku.
Buku yang terkumpul sebanyak (6 × 12.225 + 4 × 13.000).
Buku ini dibagikan kepada 2507 orang anak secara merata.
Setiap anak menerima (6 × 12.225 + 4 × 13.000) : 2507 buku.
Jadi, kalimat bilangannya (6 × 12.225 + 4 × 13.000) : 2507 = n
Operasi yang, digunakan adalah operasi penjumlahan,perkalian dan pembagian.
12.2256 x 73.350
13.0004 x 52.000
Maka (6 × 12.225 + 4 × 13.000) : 2507 = (73.350 + 52.000) : 2507
= 125.350 : 2507
= 50 Jadi, setiap anak menerima 50 buku.
Latihan
- Pak Hasim membeli 95 buah durian. Setiap durian harganya Rp1.450,00. Jika ia membawa uang Rp200.000,00, berapa sisanya?
- Pak Santoso mempunyai ayam betina 4.356 ekor. Seekor ayam dalam satu bulan bertelur 20 butir.Berapa butir telur diperoleh pak Santoso dalam waktu satu hari? (1 bulan = 30 hari)
- Seratus sepuluh ikat rambutan dibeli untuk suatu pesta. Setiap ikat berisi 622 buah rambutan. Jika Setiap 55 buah rambutan ditempatkan dalam satu piring, berapa piring diperlukan untuk menghidangkan rambutan itu?
- Pak Busro pergi ke toko bahan bangunan untuk membeli 48 sak semen dengan harga Rp55.000,00 tiap sak, dan 1.555 biji batu bata dengan harga Rp250,00 tiap biji. la membawa uang Rp5.000.000,00. Berapa sisa uangnya?
5. Pak Hasan memetik mangga dari kebunnya. Mangga-mangga itu dimasukkan dalam 55 keranjang.
Setiap keranjang berisi 28 buah mangga. Kemarin busuk 16 keranjang. Sisanya dijual dengan
harga Rp450,00 setiap mangga. Berapa rupiah uang yang diterima pak Hasan?
6. Sebanyak 51 truk digunakan untuk mengangkut buku-buku pelajaran ke beberapa sekolah. Setiap
truk memuat 2.268 buku. Buku-buku itu dibagikan sama banyak kepada 21 sekolah. Berapa buku
diterima oleh tiap sekolah?
7. Sebanyak 504 anak ayam dimasukkan ke dalam 14 kandang. Setiap kandang berisi anak ayam
sama banyak. Jika seekor anak ayam harganya Rp5.250,00 rupiah. Berapa harga semua ayam
dalam 3 kandang?
8. Jalan yang menghubungkan desa Purwomartani, Selomartani, Tamanmartani, dan Tirtomartani
akan diperbaiki dengan biaya Rp495.000,00. Desa Purwomartani menanggung biaya perbaikan
Rp150.000,00. Desa Selomartani, Tamanmartani, dan Tirtomartani menanggung biaya sama
banyak. Berapa rupiah biaya yang ditanggung desa Selomartani?
9. Dina mempunyai 27 bungkus sedotan. Tiap bungkus berisi 25 batang sedotan. Sebanyak 430
batang sedotan Dina sudah dirangkai menjadi beberapa buah lampion. Berapa batang sisa
sedotan Dina?
10.Bayu mempunyai koleksi buku komik sebanyak 24 seri. Sebanyak 9 seri terdiri dari 9 judul buku
komik dan 15 seri terdiri dari 12 judul buku komik. Bayu sudah membaca buku komik tersebut
sebanyak 211 buku. Berapa sisa buku komik yang belum dibaca Bayu?
11.Hari ini Paman memanen 192 buah mangga dan 7 keranjang buah apel. Mangga-mangga tersebut
dimasukkan ke dalam beberapa keranjang. Tiap keranjang berisi 24 buah mangga. Berapa banyak
semua keranjang mangga dan apel Paman?
12.Ibu membeli 7 kg tepung terigu dan 5 kg gula. Harga 1 kg tepung Rp.9.500,00 dan harga 1 kg gula
pasir Rp.7.000,00. Jika Ibu membayar Rp.150.000,00, berapa sisa uang kembalian yang Ibu
terima? 10.Anita mempunyai pita merah sepanjang 240 cm, pita kuning sepanjang 320 cm
13. Anto menabung di celengan Rp1.000,00 setiap hari. Setelah 2 tahun, tabungan Anto diambil
semuanya. Uang itu dibelikan meja dan kursi belajar seharga Rp425.000,00. Berapakah sisa
uang Anto sekarang? (1 tahun = 365 hari)
14. Pak Wasis memiliki 212 pohon rambutan yang masing-masing menghasilkan 3.114 buah
rambutan. Jika Pak Wasis hanya memetik 271.096 buah rambutan, berapakah sisanya?
15. Setiap hari pada bulan April 2008, Susanti dan Mira selalu menabung Rp500,00. Pada bulan Mei
2008, hanya Susanti yang menabung Rp800,00 setiap hari, sedangkan Mira tetap Rp500,00.
Berapa jumlah uang mereka pada akhir bulan Mei 2008? (Bulan April ada 30 hari dan Mei ada 31
hari)
16. Dalam sebuah kantong terdapat 1.425 kelereng. Harga semua kelereng Rp213.750,00. Berapa
rupiah setiap kelereng harus dijual jika orang tersebut menginginkan untung Rp71.250,00?
17. Pak Edi membeli 16 keranjang salak yang harganya Rp175,00 per buah. Setiap keranjang isinya
417 buah salak. Berapa rupiah pak Edi harus membayar? Jika pak Edi menjual habis semua
salak yang dibelinya seharga Rp1.000.000,00, berapa rupiah untungnya?
3. Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung campuran bilangan bulat Penjumlahan Untuk memudahkan mencari hasil penjumlahan bilangan bulat, kamu dapat mengumpamakan bilangan negatif (-) sebagai hutang :
-5 + 4 = -1 Hutang 5 dibayar 4 = kurang 1
-5 + (- 4) = -9 Hutang 5 ditambah hutang 4 = hutang 9
5 + (- 4) = 1 Hutang 4 dibayar 5 = lebih 1
Pengurangan
Untuk pengurangan bilangan bulat, dengan mencari lawan bilangan bulat tersebut.
Contoh:
lawan 3 adalah –3; lawan 5 adalah –5; lawan –7 adalah 7; lawan –15 adalah 15
contoh soal :
9 – 12
= 9 + (–12)
= –3
–4 – (–10)
= –4 + 10
= 6
–8 – 5
= –8 + (–5)
= –13
Perkalian dan Pembagian
(+) X (+) = (+)
(+) X (--) = (--)
(--) X (+) = (--)
(--) X (--) = (+)
contoh
5 X 5 = 25
5 X ( -5 ) = (-25)
( -5 ) X 5 = (-25)
( -5 ) X ( -5 ) = 25
(+) : (+) = (+)
(+) : (--) = (--)
(--) : (+) = (--)
(--) : (--) = (+)
contoh
24 : 8 = 3
24 : (- 8) = (- 3)
(-24) : 8 = (- 3)
(-24) : (- 8) = 3
Campuran
1. Penjumlahan dan pengurangan adalah setara, maka pengerjaan mulai dari kiri.
2. Perkalian dan pembagian adalah setara, maka pengerjaan mulai dari kiri.
3. Perkalian dan pembagian lebih tinggi tingkatannya daripada penjumlahan dan
pengurangan. Maka perkalian atau pembagian lebih dulu dikerjakan.
Contoh :
250 : (176 – 151) + 9 x 18
= 250 : 25 + 9 x 18
= 10 + 9 x 18
= 10 + 162
= 172
20 : (10 – 5) × 3
= 20 : 5 × 3
= 4 × 3
= 12
120 – 150 + 200
= –30 + 200
= 170
125 : (–5) x 21
= (–25) x 21
= –525
latihan soal 1
1. 9 + 12 : (–3) = ….
2. 20 : (–5) – 10 = ….
3. 3 × (–4) – (–8) = ….
4. –6 + (–3) × (–4) = ….
5. 5 × (–8) – (–10) = ….
6. –20 : 4 + (–12) = ….
7. 6 × (–4) + (–12) = ….
8. –8 : (–2) – (–16)= ….
9. –4 × (–9) : (–6) = ….
10. 7 x (–5) – (–20) = ….
11. –49 : (–7) + (–10) = ….
12. –5 – (–4) × (–6) = ….
13. –8 + (–5) × 2 = ….
14. 69 (–12) : (–4) = ….
15. –10 + 24 : (–6) = ….
16. –120 + (–196) : (–14) + 150 = ….
17. –12 + (–8) × 14 : (–140) = ….
18. 100 – 16 × (–20) : (–32) + (–250) = ….
19. (–250 – 100) : 70 × (–15) + (–160) = ….
20. 750 + (–45) × 10 : (–15) + 56 = ….
latihan soal 2
1. (4.403 + 490.705) : 17 – 27.854
2. 367.234 – 77 × 15 + 17.594 : (–38)
3. –2.478 : 59 – (38.790 + 9.160) : 50
4. (8.705 + 7.225) : (–45) – (825 + 329)
5. (497.000 – 24.980) : 15 – (22 × (–242))
6. 25 × 528 : 165 + 120 – 50
7. –345 : 69 × 450 + 2.025
8. 4.310 – 635 : 127 × 2.000
9. 329 + 25 × (–13) – 24
10. 6.420 : 535 – 28 × 49
Latihan 3
![]() |
latihan 3 |
4. Siswa dapat menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan pecahan
![]() |
contoh soal pemjumlahan dan pengurangan pecahan |
![]() |
pemjumlahan dan pengurangan pecahan campuran |
latihan soal
![]() |
soal pemjumlahan dan pengurangan pecahan campuran |
5 .Siswa dapat menentukan hasil operasi hitung perkalian dan pembagian berbagai bentuk pecahan Perkalian
![]() |
perkalian dan pembagian pecahan |
![]() |
contoh dan soal pecahan |
![]() |
pecahan campuran |
Bapak ibu Sikamma minne kurapi kupaba’tu rikalengta ngaseng dasi nadasi bareng nisareki umuru malabbu buku magassing nani passibuntuluki pole riwaktu laba’tua
Na Punna nia kana kanangku majule katte mamo pakajannangi napunna nia kana kanangku sala katte mamo anpakanabai.
↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚↚
Wabillahi taufik walhidayah
Wassalamu alaikum wr. wb
Post a Comment for " Wow Lengkap Modul bilangan Bulat Matematika SD/SMP "